Kanker mulut ialah penyakit yang bisa sembuh jika diketahui semenjak awal. Makin terlambar dirawat, penyakit ini akan makin beresiko. Pemahaman kanker mulut Kanker mulut bisa berlangsung di permukaan lidah, sisi dalam pipi, langit-langit mulut (palatum), bibir, atau gusi. Tumor atau kanker dapat bertumbuh di kelenjar yang membuahkan air liur, amandel, sisi belakang mulut, serta sisi tenggorokan yang menyambungkan mulut ke faring.

Pasien kanker mulut umumya baru memeriksakannya ke dokter waktu situasi telah kronis. Deteksi awal adalah kunci agar bisa pulih dari kanker mulut.

Sinyal serta tanda-tanda kanker mulut Tanda-tanda kanker mulut salah satunya ialah:

Sariawan mulut yang tidak pulih dalam beberapa minggu

Tonjolan aneh di mulut yang tidak hilang

Mati rasa atau perasaan aneh pada bibir

Ada bintik putih atau merah pada susunan mulut atau lidah

Perkembangan pelafalan, seperti cadel

Gigi goyang

Perdarahan di rongga mulut

Tonjolan di leher

Pengurangan berat tubuh dengan cara mendadak serta berlebihan

Bibir bawah, muka, leher, atau dagu mati rasa

Ngilu pada lidah serta rahang

Kesusahan menelan makanan

Pemicu kanker mulut Kanker mulut berlangsung saat beberapa sel di mulut bermutasi. Ini sangat mungkin sel berkembang dengan cara bebas serta membuat beberapa sel sehat jadi mati. Selanjutnya, beberapa sel kanker mulut menimbun serta jadi tumor.

Sel kanker dapat menebar ke anggota badan lainnya, seperti kepala serta leher. Kanker mulut seringkali ada pada sel tipis yang melapisi bibir serta sisi dalam mulut. Belum jelas unsur yang membuat beberapa sel bermutasi sampai menyebabkan kanker, tetapi banyak hal berikut ini bisa tingkatkan efek terserang kanker mulut:

Pemakaian tembakau berbentuk apa saja seperti rokok

Pemakaian alkohol berat

Paparan cahaya matahari yang sering pada bibir

Virus yang disebarkan dengan cara seksual, disebutkan human papillomavirus (HPV)

Skema kebal badan yang menurun

Analisis kanker mulut Untuk tentukan analisis kanker mulut, dokter gigi akan lakukan kontrol seperti berikut:

Kontrol fisik:

Dokter akan mengecek bibir serta mulut untuk cari tanda-tanda, seperti cedera atau abnormalitas.

Ambil contoh untuk dites (biopsi):

Dokter ambil contoh jaringan mulut lalu dites untuk tentukan apa ada sel kanker.


Tes ini biasanya dipakai untuk menolong menganalisis tanda-tanda kanker mulut, serta ketahui capaian penebaran beberapa sel kanker. Kontrol ini bisa dilaksanakan dengan memakai rontgen, CT scan, MRI atau Positon Emission Tomography (PET)

Memakai endoskopi:

Tes ini dilaksanakan untuk mengecek tenggorokan pasien, serta cari pertanda sel kanker yang sudah menebar ke sisi tenggorokan.

Langkah menyembuhkan kanker mulut Perlakuan untuk kanker mulut diberi berdasar pada tipe kanker. Beberapa macam kanker memerlukan operasi, serta tipe yang lain membutuhkan kemoterapi.

Operasi

Operasi mempunyai tujuan untuk mengusung semua sisi yang terserang tumor atau kanker. Tetapi dalam beberapa masalah, kanker tidak bisa diambil secara detail. Jadi, dokter cuma singkirkan tumor seperlunya.

Operasi untuk mengusung tumor

Operasi untuk mengusung kanker yang sudah menebar ke leher

Operasi untuk merekonstruksi mulut

Kemoterapi

Penyembuhan lewat kemoterapi dilaksanakan dengan memakai obat yang disuntikkan, atau berupa pil, untuk mematikan sel kanker. Obat kemoterapi menebar ke semua badan pasien, untuk membunuh beberapa sel kanker yang sudah menebar ke anggota badan lainnya

Therapy Radiasi

Therapy radiasi dilaksanakan dengan memakai cahaya bertenaga tinggi yakni sinar-X, untuk membunuh beberapa sel kanker. Semasa therapy radiasi, pasien diposisikan di atas meja serta mesin bergerak di seputar pasien, dan arahkan radiasi ke sisi yang terserang sel kanker.

Langkah menahan kanker mulut Tidak ada langkah yang dapat dibuktikan efisien untuk menahan kanker mulut. Tetapi, Anda bisa kurangi efek kanker mulut bila:

Tidak merokok

Tidak konsumsi minuman mengandung alkohol

Konsumsi buah serta sayuran dengan teratur

Hindari paparan cahaya matahari yang terlalu berlebih ke bibir

Anda dapat lakukan deteksi awal kanker mulut dengan cara berikut:

Check sendiri situasi rongga mulut Anda minimal sebulan sekali. Memakai lampu yang jelas serta di muka cermin, Anda bisa lihat adakah suatu hal yang terlihat aneh di rongga mulut Anda seperti bintik keputihan.

Teratur periksakan gigi serta mulut ke dokter gigi minimal tiap enam bulan sekali. Walau Anda teratur mengecek situasi rongga mulut Anda, kadang ada sinyal serta tanda-tanda kanker mulut yang tidak terlihat atau lepas dari pandangan Anda. Karenanya, kontrol ke dokter gigi tiap enam bulan sekali bisa menolong deteksi awal kanker mulut.

Kapan harus konsultasi sama dokter Selekasnya konsultasi ke dokter bila Anda alami tanda-tanda yang mengganggu lebih dari pada dua minggu. Dokter akan cari tahu pemicu lain yang semakin umum untuk tanda-tanda yang dirasakan, seperti infeksi.

Apakah yang perlu disiapkan sebelum konsultasi sama dokter Buat janji sama dokter bila mempunyai tanda-tanda yang mencemaskan. Bila dokter curigai ada kanker mulut, Anda bisa dirujuk ke dokter ahli kanker. Sediakan daftar pertanyaan supaya lawatan Anda semakin efisien. Untuk kanker mulut, di bawah ini pertanyaan fundamen untuk dikatakan pada dokter:

Tipe kanker apakah yang saya punya?

Berapa besar ukuran kanker mulut saya?

Seberapa jauh kanker mulut saya menebar?

Tes apa yang saya butuhkan?

Apa pilihan penyembuhan buat saya?

Apakah yang akan dilaksanakan dokter di saat diskusi Dokter kemungkinan sampaikan beberapa pertanyaan serta seharusnya Anda memberi info yang pasti, supaya dokter bisa menganalisis lebih bagus. Di bawah ini pertanyaan yang kemungkinan diserahkan:

Semenjak kapan Anda alami tanda-tanda semacam ini?

Apa tanda-tanda berlangsung dengan cara terus-terusan atau kadang-kadang?

Berapa kronis tanda-tanda yang berlangsung?

Hal apakah yang melakukan perbaikan situasi itu?

Hal apakah yang jadi memperburuk situasi itu?

kanker kesehatan mulut kanker mulut