Jangan remehkan jika mulut berasa kering sebab dapat jadi tanda-tanda penyakit spesifik. Mulut berasa kering bukan permasalahan yang serius. Demikian yang dipikir oleh sejumlah besar orang. Sekejap mulut kering berasa seperti suatu hal yang remeh, tapi sebetulnya jika situasi ini berlangsung terus-terusan, dapat jadi tanda-tanda suatu hal yang serius.

Pemicu mulut berasa keringMulut berasa kering bisa diakibatkan oleh beberapa hal, dari mulai yang tidak beresiko sampai yang benar-benar mencemaskan. Pemicu mulut berasa kering perlu dijelajahi dengan cara detil supaya tidak ada kekeliruan dalam perlakuannya.

Mulut berasa kering bisa dipacu oleh obat spesifik, seperti antihistamin untuk alergi, obat stres, dan lain-lain. Mengonsumsi narkotika, minum alkohol, serta merokok dapat berperan dalam menimbulkan sensasi mulut berasa kering.

Bila Anda sedang jalani kemoterapi, ada peluang beberapa obat kemoterapi bisa membuat mulut berasa kering.

Pada masalah spesifik, kerusakan pada saraf atau penyakit spesifik bisa menyebabkan mulut berasa kering, seperti diabetes, stroke, HIV/AIDS, Alzheimer, dan lain-lain. Begitu juga dengan masalah tidur, seperti mendengkur, sleep apnea, dan lain-lain.

Kadang, mulut berasa kering bisa disebabkan oleh beberapa hal remeh, seperti pemakaian lipstick yang melengket di gigi.

Resiko yang bisa dialamiJangan meremehkan sensasi mulut berasa kering! Kecuali mengganggu, mulut kering bisa memunculkan beberapa gangguan yang lain, seperti cedera dalam mulut atau di pojok mulut, kesusahan dalam kunyah serta menelan, mulut bau tidak enak, serta bibir kering.

Mulut berasa kering bukan hanya memunculkan masalah yang mudah, tapi dapat mengakibatkan masalah serius, seperti kenaikan plak gigi, kerusakan gigi, penyakit gusi, serta infeksi jamur di mulut.

Sekejap, mulut berasa kering kelihatannya tidak dapat membuat kerusakan apa saja pada gigi, tapi mulut kering bisa turunkan produksi air liur yang disebut pencuci gigi alami. Pengurangan produksi air liur bisa tingkatkan efek kerusakan gigi serta penyakit gusi.


Tanda-tanda dari mulut berasa keringMulut berasa kering terkadang adalah hal yang tidak beresiko serta dapat ditangani dengan minum air. Tetapi, Anda perlu waspada mulut berasa kering yang tidak segera pulih dengan tanda-tanda di bawah ini:

Napas yang bau tidak enak

Kesusahan kunyah, bicara, serta menelan

Kesusahan waktu menggunakan perawatan gigi

Perkembangan pada indera pengecap

Air liur yang kental serta seperti benang

Tenggorokan yang kering, ngilu, serta serak

Rasa kering serta lengket di mulut

Lidah yang kering serta berlekuk-lekuk

Kontrol pemicu mulut berasa keringDokter akan cari tahu pemicu mulut berasa kering sebelum memberi perlakuan yang cocok untuk pasien. Kecuali mengecek mulut dan bertanya rekam klinis serta beberapa obat yang dikonsumsi, dokter kemungkinan lakukan kontrol yang lain, misalnya:

Tes pencitraan untuk lihat kelenjar air liur

Tes darah

Tes untuk menghitung kandungan air liur yang dibuat

Pemungutan jaringan dari kelenjar air liur dalam bibir untuk mengecek peluang sindrom Sjorgen (biopsi)

Apa ada langkah untuk menangani mulut berasa kering?Mulut berasa kering yang memunculkan merasa tidak nyaman seharusnya selekasnya dibawa ke dokter supaya Anda dapat memperoleh perlakuan yang pas.

Dokter akan memberi Anda obat untuk tingkatkan produksi air liur atau produk yang bisa gantikan air liur. Tetapi, Anda bisa coba lakukan beberapa hal spesifik untuk kurangi sensasi mulut berasa kering yang dirasa.

Mengonsumsi alkohol, cafein, serta beberapa obat spesifik yang menyebabkan mulut berasa kering harus dijauhi sebab bisa jadi parah situasi mulut. Obat kumur serta pasta gigi yang memiliki kandungan alkohol perlu untuk dijauhi.

Permen karet atau permen bebas gula bisa dihandalkan untuk merangsang produksi air liur dalam mulut Anda. Mengonsumsi air jangan dilalaikan, upayakan agar bisa konsumsi air yang cukup sehari-harinya.

Waktu kunyah, Anda bisa mencampurkan makanan dengan kuah, saus, dan lain-lain agar bisa membuat makanan semakin lembap serta lembek untuk dikonsumsi. Jauhi makanan yang tinggi gula serta garam, dan kering. Makanlah makanan yang tidak panas.

Bernapaslah memakai hidung sebab bernapas memakai mulut bisa membuat mulut makin berasa kering. Anda dapat menghidupkan pelembap ruang (humidifier) untuk meningkatkan kelembapan di kamar tidur Anda.

Mudah-mudahan panduan di atas bisa menolong kurangi situasi mulut kering. Tetapi, jika permasalahan mulut berasa kering yang dirasakan tidak segera pulih atau makin kronis, selekasnya konsultasi sama dokter.

kesehatan mulut mulut kering kesehatan gigi stop merokok kemoterapi