Torus palatinus memang tidak mengakibatkan ngilu, tetapi Anda dianjurkan untuk selalu ke dokter. Torus palatinus ialah tonjolan di langit-langit mulut karena petumbuhan tulang berlebihan. Pertanyaannya, apa torus palatinus beresiko? Ketahui semakin jauh torus palatinus, dari mulai pemicu, tanda-tanda, sampai penyembuhannya berikut ini.

Torus palatinus dikarenakan oleh apa?Memang, torus palatinus condong tidak memunculkan rasa ngilu atau tanda-tanda fisik yang nampak. Namun saja, untuk ketahui langkah penyembuhannya, pasti kita harus mengenal dahulu pemicu torus palatinus ini.

Sebenarnya, beberapa periset belum ketahui dengan cara tepat pemicu torus palatinus. Tetapi, mereka curigai unsur genetik untuk "biang keroknya". Tidaklah heran jika torus palatinus bisa di turunkan dari orang-tua ke anak.

Disamping itu, ada banyak pemicu torus palatinus yang diklaim menyebabkan timbulnya tonjolan tulang di langit mulut:

Skema makan

Beberapa periset mendapatkan jika torus palatinus seringkali dirasa oleh warga yang menyukai konsumsi ikan laut dalam skala besar, seperti mereka di Jepang, Kroasia, sampai Norwegia. Karena, ikan laut memiliki kandungan banyak vitamin D serta lemak tidak jemu. Kedua-duanya adalah elemen penting yang diperlukan dalam perkembangan tulang.

Rutinitas menggertakkan gigi

Beberapa periset yakin jika torus palatinus dikarenakan oleh rutinitas menggertakkan gigi. Tetapi, tidak semua periset yakin jika rutinitas ini dapat mengakibatkan torus palatinus. Oleh karena itu, analisa selanjutnya masih dibutuhkan.

Bertambahnya kepadatan tulang

Pemicu torus palatinus setelah itu kenaikan kepadatan tulang. Dalam satu analisa, periset mendapatkan jika wanita yang sedang dalam babak pascamenopause serta mempunyai torus palatinus, mempunyai kepadatan tulang yang semakin tinggi.
Ke-3 pemicu torus palatinus di atas masih perlu ditelaah lagi. Karena, tidak semua periset menyetujui penyebab-penyebab torus palatinus di atas.

Tanda-tanda torus palatinus
Torus palatinus tidak akibatkan ngilu, tetapi buat sulit makan.Tanda-tanda torus palatinus yang penting ialah timbulnya tonjolan tulang di langit mulut. Tetapi, seperti apa ciri-ciriistiknya?

Terdapat ditengah-tengah langit-langit mulut

Ukurannya bermacam, dari mulai 2-6 mm

Memiliki bentuk bermacam, seperti datar, lonjong, serta sampai berupa seperti tonjolan yang terpisah dua

Tumbuh benar-benar lamban, umumnya mulai ada pada saat puber serta akan dirasa waktu dewasa

Bersamaan pertambahan umur, torus palatinus dapat juga stop tumbuh serta dalam beberapa masalah, torus palatinus serta akan hilang.

Walau tidak beresiko, Anda dapat konsultasi ke dokter jika berasa tidak nyaman dengan kehadiran tonjolan ini.

Siapa yang beresiko menderita torus palatinus?Menurut riset, torus palatinus bisa menggempur siapapun, termasuk juga pria serta wanita. Tetapi dalam analisa itu, wanita disebutkan semakin condong alami torus palatinus, sedang pria semakin rawan pada torus mandibularis (tonjolan di dekat lidah).

Torus palatinus dapat menggempur tiap golongan umur, dari mulai beberapa anak sampai orang dewasa. Walau begitui, petumbuhan torus palatinus akan "masak" di umur dewasa.

Bagaimanakah cara menganalisis torus palatinus?Bila tonjolan tulang torus palatinus lumayan besar, karena itu kemungkinan Anda akan mengetahui kehadirannya sendiri. Tetapi, jika tonjolannya kecil, biasanya situasi tidak berasa serta akan diketahui waktu kontrol teratur ke dokter gigi.

Disamping itu, jangan tetap memandang tumbuhnya tonjolan di badan Anda untuk kanker. Walaupun demikian, jangan menyepelakannya. Anda bisa konsultasi sama dokter tentang semua jenis tonjolan yang ada dibagian badan mana saja.

Apa torus palatinus bisa diobati?
Torus palatinus dapat diobati dengan operasi.Penyembuhan untuk torus palatinus umumnya tidak direferensikan, terkecuali torus palatinus telah mengganggu kesibukan hidup Anda.

Umumnya, operasi akan dilaksanakan bila torus palatinus:

Mempersulit Anda menempatkan gigi palsu

Mengganggu kekuatan kunyah makanan, minum, bicara

Memimiki tonjolan tulang yang telah menggaruk sisi lidah waktu Anda kunyah.

Berhati-hati, torus palatinus tidak mempunyai pembuluh darah, hingga proses pengobatannya akan lama waktu terluka.

Pembedahan akan dilaksanakan dengan anestesi lokal. Dokter bedah akan membuat irisan ditengah-tengah tonjolan torus palatinus serta ambil tulang yang mengakibatkan ada tonjolan.

Efek dari operasi ini benar-benar rendah, tetapi ada banyak permasalahan yang ada, seperti bengkak, perdarahan, sampai infeksi.

Proses pengobatannya akan memerlukan waktu 3-4 minggu. Untuk meminimalkan merasa tidak nyaman, dokter bedah akan memberi beberapa obat penurun ngilu. Umumnya, Anda akan dianjurkan untuk konsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut serta berkumur dengan air garam (untuk menahan infeksi).

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ:Torus palatinus tidak mengakibatkan rasa ngilu serta tidak ganas. Banyak penderitanya yang masih hidup sehat walaupun menderita torus palatinus. Tetapi, bila kehadirannya telah mengganggu Anda, tidak ada kelirunya tiba ke dokter untuk minta perawatan paling baik.

penyakit kesehatan gigi kesehatan mulut